Makalah Hardware dan Software
/
0 Comments
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah
memberikan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya, sehingga penulis
dapat menyelesaikan tugas ini tepat waktu. shalawat serta salam semoga tetap
tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini membahas
tentang hardware dan software. Penulis menyadari bahwa di dalam makalah ini sangat banyak
kekurangannya, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran agar
penulis dapat menambali kekurangan-kekurangan yang ada, sehingga laporan ini
bisa sempurna.Untuk itu penulis sampaikan terimakasih.
Palopo, 02 November 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pada era perkembangan teknologi yang semakin maju ini, penggunaan
komputer sangat marak digunakan. Dengan perkembangan komputer yang semakin
pesat ini, kita perlu tau tentang komponen-komponen yang terdapat dalam
komputer, dengan demikian kita dapat mengetahui tentang keadaan ataupun kondisi
komputer, serta kita dapat mengetahui bagaimana cara merawat komputer dengan
benar.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan hardware
dan software?
2.
Apa yang sajakah komponen-komponen
yang tedapat dalam hardware dan software?
1.3
Batasan Masalah
Dalam penulisan
masalah ini terdapat batasan yang dibuat yaitu materi ini hanya membahas
Hardware dan Software
1.4 Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang
hardware dan software komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Hardware
Hardware dalam bahasa Indonesianya disebut juga dengan nama
perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat
nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk
nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan
suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama
membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan
mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer
ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi 3 :
1.
Unit Masukan ( InputDevice )
Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke
dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.
Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Sedangkan
maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan.
Jadi, Inputdevice selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula
digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat
digolongkan menjadi 2 yaitu :
1)
Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touchscreen, light pen,
digitizergraphics tablet, scanner.
2)
Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punchedcard, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam
yaitu :
1)
Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan
oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan
dipasarkan oleh perusahanRemington.
Keyboard
yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY pada tahun 1973. keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1) QWERTY
2) DVORAK
3) KLOCKENBERG
Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1)
Typewriterkey
2)
Numerickey
3)
Functionkey
4)
Specialfunctionkey.
5)
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (inputdevice). Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat
sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI
(GraphicalUserInterface).
Sinyal-sinyal listrik sebagai inputdevice mouse ini dihasilkan oleh
bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (click) dimana
penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk. Tetapi
bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain
itu, terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser.
Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke
objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara
cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (doubleclick) sedangkan menekan
tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (rightclick) mouse
terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
2.
Unit Pemrosesan (Proses Device)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah
data meliputi unit pengolah pusat (CPU/CentralProcessing Unit) dan juga
mikroprosesor. CPU (CentralProcessing Unit) merupakan alat yang berfungsi
sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan
instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
Beberapa sirkuit tersebut terdapat Motherboard, Processor, Memory
(RAM), Kartu Grafis (VGA Card), Kartu Suara (SoundCard), Harddisk, FloopyDiskDrive,
DVD Room, Power Supply, Baterai CMOS, Fan, Heatsink, dll.
Unit pemrosesan yang berada dalam komputer adalah CentralProcessing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau
pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur
penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmaticlogical unit dancontrol unit.
1)
Primarystorage adalah
ukuran besarnyaprocessor atau biasa disebut dengan main memory.
2)
Arithmaticlogic
unit adalah suatu alat yang bertugas
melakukan perhitungan dalam komputer
3) Control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam
komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan,
dan tempat penyimpanan didalam primarystorage.
4)
Control
unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmaticlogic unit mengenai
operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil
ditempatkan.
Perangkat-perangkat alat proses berserta perlengkapan, yaitu sebagai
berikut :
1)
Casing
Casing adalah kotak pembungkus
perangkat keras (hardware) didalam
CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.
2)
Power
supplay
Power Supplay menyediakan arus
listrik untuk berbagai peralatan CPU powersupplaymengkonversi listrik dan
menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas
powersupplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat
yang disalurkan powersupplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk
pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika
komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (unit tambahan).
3)
Motherboard
Motherboard adalah papan rangkaian
utama komputer untuk memasang processor,memory dan perangkat lainnya.
4)
Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang
didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol
keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau
otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan
tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard,
dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang
ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap
kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering
disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz
(GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data
atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple,
Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari
prosesor terbagi 3 yaitu :
a.
AritcmaticsLogical
Unit (ALU)
b. Control
Unit (CU)
c.
Memory Unit (MU)
5)
Memory
Memory adalah
alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi.
Semakin besar kapasitas memory yang
digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan berikut ini
beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang
paling lambat.
a.
Register
memory
Merupakan
jenis memorydimana kecepatan acces yang paling cepat, memory ini terdapat pada
Cpu/processor.
Contoh :Register data, register
alamat , stackpointer register, MemoryAddress Register, I/O Address Register,
dll.
b.
Cache
memory
Memory berkapasitas
terbatas,berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memoryutama.Cache memory ini ada diantaramemory utama
dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada
memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan.
Cache memory ini ada 2 macam yaitu :
a)
Cachememory
yang terdapat pada internal Processor, cachememory jenis ini kecepatan accesnya
sangat tinggi ,dan harganya sangatmahal.Dapat dilihat
pada processor seperti P4,P3,AMD-ATHLON dll. Semakin tinggi kapasitas L1,L2
Cachememory maka semakin mahal dan semakin cepat processor.
b)
Chacememory
yang terdapat diluarprocessor , yaitu berada pada Motherboard , memory jenis
ini kecepatan aksesnya sangat tinggi meskipun tidak secepat cachememory jenis
pertama (yang ada pada internal prosesor). Semakin besar kapasitasnya maka
semakin mahal dan cepat. Kapasitas chacememory yaitu 256 kb,512 kb,1 Mb, 2 Mb
dll.
c)
Memori
utama
Memori ini berfungsi untuk menyimpan data dan
program.
Jenis memori utama yaitu:
1.
Random Access
Memory (RAM)
Random
Access Memory (RAM), atau biasa juga disebut memory, adalah suatu alat komputer
(perangkat keras/hardware). Ram merupakan salah satu jenis alat penyimpanan
data pada komputer atau media elektronik lainnya.
2.
FPM RAM (Fast Page
Mode DRAM)
Merupakan
model memory DRAM yang sudah sangat tua (hasil pengembangan SIM RAM nenek
moyangnya RAM) ditemukan pada sekitar tahun 1987 akses pemoresesan data dalam
memory menjadi sangat lambat,
3.
EDO RAM
(Extended-Data-Out RAM)
EDO RAM memiliki fungsi seperti RAM,
akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam
membaca dan mentransfer data.
4.
SD RAM
(SynchronousDynamic RAM)
SDRAM
adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM.
Bentuk SDRAM adalah DIMM (DualInlineMemoryModule).
5.
RD RAM
(RambusDynamic RAM)
RDRAM
adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor
Pentium 4.
6.
DDR RAM
(Double Data Rate RAM)
DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki
kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM.,
7.
Read Only
Memory
Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi
bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan.
ROM juga dikenal sebagai suatu firmware.
Ada 4 macam ROM, yaitu:
1)
PROM
programmablereadonlymemory. Yaitu rom
yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan
setelah itu tidak dapat lagi deprogram.Chip PROM adalah suatu chip yang kosong
yang mana program dapat dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu
peralatan khusus..
2)
RPROM
ReprogamableROM.Merupakan
perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang
kali sesuai dengan yang diinginkan.
3)
EPROM
Erasableprogrammablereadonlymemory.
EPROM mirip dengan PROM, tetapi program dapat dihapus dan program yang baru
bisa dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang
menggunakan sinar ultraviolet. EPROM digunakan untuk controllingdevice, seperti
robot dan sebagainya.
4)
EEPROM
Electronic
erasableprogrammablereadonlymemory. Chip EEPROM dapat diprogram ulang dengan
menggunakan suatu electricimpulses yang khusus. Mereka tidak perlu dicabut atau
diubah.
Selain berdasarkan
kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut disusun berdasarkan harga,
kapasitas, dan frekuensi pengakseskan.
1.
Tipe register harga paling mahal dan tipeopticaldisk harganya
paling murah.
2.
Tipe register kapasitasnya paling besar dan tipe opticaldisk kapasitasnya paling kecil.
3.
Tipe register frekuensi pengaksesannya paling tinggi
dan tipe opticaldiskfrekuensipengaksesannya paling rendah.
Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan byte atau
bit.
1 byte = 1 huruf
1 Kilo Byte (KB) = 1 x 1024 byte
1 Mega Byte = 1024 KB
5)
VGA Card
VGA Card adalah kartu elektronik yang
berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.
6)
I/O
CardInput / OutputCard
( I/O Card ) adalah sebuah kartu
elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan
dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan
harddisk serta floppydiskdrive.
7)
SoundCard
Soundcard adalah perangkat multimedia
yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer.
3.
Unit
Keluaran (OutputDevice)
1)
Printer
Printer merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang
terdapat dalam komputer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa
menggunakan komputer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.Komponen :
Drum, Toner, Coronawire, Fuser, Laser scanner,Roller
2)
Monitor
Fungsi : Untuk menampilkan gambar, film, dan
tulisan.Komponen : Backlight, Kristal Cair
3)
Headphone
Fungsi
: Sama seperti speaker yaitu mengeluarkan suara namun dalam kapasitas lebih
kecil di bandingkan dengan speaker. Komponen : Speaker, DAC, DSP.
2.2
Software
Software adalah nama lain dari Perangkat Lunak yang artinya sebuah
kode program yang disusun sedemikian rupa secara sistematis untuk mencapai
suatu tujuan. Pada setiap sistem komputer harus terdapat software karena tanpa
software interaksi antara brainware (penjelasan ada di bawah) dengan hardware
tidak memungkinkan yang bisa kita lihat tetapi tidak bisa diraba.
1.
SistemOperasi
Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh
komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Terdapat 2
jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya
(userinterface) yaitu yang berbasis CUI (CharacterUserInterface) dan berbasis
GUI (GraphicalUserInterface).
Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (DiskOperating Sistem)
dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan
sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP,
serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2.
Program bantuan atau Utility
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk
mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang
terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem
jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang
dapat mengubah sistem DOS tersebut (singleuser atau standalonesystem) menjadi
sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware,
Token R ing dan Lantasticmerukan contoh-contoh program ini.
3. Bahasa Komputer
(ComputerLanguage)
ComputerLanguage
merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa
karenacomputerlanguage memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati
oleh pemakain yang termasuk dalam jenis ini adalah:
1) Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya
dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin
assemblylanguage.
2)
High Level Language,merupakan
bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti.
Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dsb.
4. Program Aplikasi
Program
aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan
untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya.Aplikasi ini disiapkan sesuai
kebutuhan.
Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
1)
Word
Processing
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting
naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
2)
Desktop
Publishing
Merupakan program yang mengatur tata
letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura
Publisher, Page Maker.
3)
Program Speadsheet
Merupakan program yang digunakan
untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.
4) DatabaseManagement System
Salah satu kegunaan komputer didalam
organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat
dihasilkan berbagai informasi.
Untuk
menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan
program yang disebut dengan program databasemanagementsystem (disingkat DBMS)
dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro,
Microsoft Access, Approach.
5) Graphics
Salah satu kebutuhan
pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang
khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak
pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer,
karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : CorelDraw,
StanfordGraphics, Visio, adobe photoshop.
a.
Program
Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai
dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan
akuntasi. Contoh : DacEasyAccounting, Pacioli 2000, PeachTreeAccounting.
b.
Program Statistik
Program statistik merupakan program
yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis
statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.
c.
Communication
Communication merupakan program yang
digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh :
CarbonCopy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
d.
Multimedia
Multimedia merupakan software yang
digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti
kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video,
neroshowtime, winamp.
e.
Game
Game merupakan program untuk
permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition
zero.
f.
Antivirus
Antivirus merupakan program yang
digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer
yang sedang dipakai. Contoh : McAfeeVirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.
5. Bahasa
pemrograman
Bahasa pemrograman,
atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik
komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini
merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk
mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer
dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer,
bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara
persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa
pemrograman terdiri dari:
1)
Bahasa Mesin,
yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya
01100101100110
2) Bahasa Tingkat
Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.InggrisAssembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer
dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL,
LOOP, dsb.
3) Bahasa Tingkat
Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata
bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang
bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||,
dsb.
4) Bahasa
Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur
kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya
dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau
free ( Freeware, FreeSoftware).
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang
didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan
atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak
yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya
tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin
ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem Microsoft
Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan lain-lain.
Freeware atau perangkat lunak
gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa
batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar
(misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi
tambahan).
Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis
freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”,namun juga tetap ingin
mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap
pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun
yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan.
Sebuah contoh utama
adalah suite browser dan mailclient dan Mozilla News, juga didistribusikan di
bawah GPL (FreeSoftware).FreeSoftware lebih mengarah kepada bebas penggunaan
tetapi tidak harus gratis.
Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba
perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari
kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan,
disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas.
Jadi freesoftware tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi
penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan
berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware,
shareware atau Adware(Adware adalah bentuk lain dari malware dan persis seperti
namanya, software dengan tujuan promo atau iklan. Adware biasanya terdapat
didalamsoftwarefreeware yang kita download. Meskipun beberapa program memberikan
pilihan untuk menginstalladware ekstra, banyak sekali software gratis
menambahkan adwaredidalamnya tanpa sepengetahuan kita). Klasifikasi ini
mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi
perangkat lunak mana mereka berasal.
BAB III
KESIMPULAN & SARAN
A. Kesimpulan
1.
Komputer adalah
serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan
jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem
kerja yang rapi dan teliti.
2.
Perangkat Keras
adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat
dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
3.
Perangkat keras
komputer dibagi menjadi :
·Inputdevice (unit masukan)
·Processdevice (unit Pemrosesan)
·Outputdevice (unit keluaran)
4.
Software adalah nama lain dari
Perangkat Lunak yang artinya sebuah kode program yang disusun sedemikian rupa
secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan.
5.
Software
berbayar merupakan perangkat lunak yang
didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan
atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak
yang mendistribusikannya.
6.
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer
berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware
yang mewajibkan.
B. Saran
Saran
kami terhadap makalah ini yaitu hasil pengamatan yang kurang sempurna. Selain
itu, istilah-istilah di perangkat komputer yang begitu banyak dan catatan kaki
yang belum tahu yang mana mesti perlu dijelaskan mengenai istilah-istilah
komputer membuat penjelasan tentang hasil pengamatan serta penjelasan
istilah-istilah di makalah ini jauh dari kesempurnaan.
DAFTAR PUSTAKA
Agil, (2010). Proses
Kerja Komputer. [online].
Tersedia: http://pink.one-forum.net/t3-c-proses-kerja-komputer. (diakses
tanggal 02 November 2016).
Safril,
(2011). Bab 5 Dasar dasar pemrosesan komputer. [online]. Tersedia: http://safrilblog.wordpress.com/2011/11/12/bab-5-dasar-dasar-pemrosesan-komputer/.
(diakses tanggal 02 November 2016).
Yeyen,
(2011). Pengertian Hardware dan Software. [online]. Tersedia: http://yeyennurlinapurnama.blogdetik.com/2009/12/27/pengertian-hardwaredansoftware/. (diakses tanggal 02 November 2016).